FEATURED ARTICLE
Mengenal Kolagen Beserta Fungsinya untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
RAHSA.ID
RAHSA.ID
Mar 09, 2021

Kolagen dikenal sebagai salah satu kandungan yang sering digunakan dalam produk kecantikan. Zat ini dipercaya dapat mencegah penuaan dini sekaligus menjaga kesehatan. Mungkin kamu sering mendengar tentang kolagen, tetapi belum paham dengan fungsinya.

Apa itu kolagen?

Kolagen merupakan salah satu protein yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Kolagen berfungsi sebagai penyusun utama kulit, tulang, darah, tendon, dan jaringan ikat. Zat ini berfungsi untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit.

Secara alami kita dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh dengan mengonsumsi dua jenis makanan yang berbeda, yaitu:

  1. Makanan yang mengandung kolagen alami.
  2. Makanan yang mengandung nutrisi untuk meningkatkan produksi kolagen.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi seperti ikan, daging, ayam, produk susu, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan telur. 

Namun, kolagen utuh belum tentu dapat dengan mudah diserap oleh pencernaan kita, lho! Salah satu cara untuk memudahkan produksi kolagen tubuh kita adalah dengan mengonsumsi nutrisi tepat yang membantu produksi kolagen.

Asam amino sebagai building blocks kolagen lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan kolagen utuh. Selain itu kamu bisa konsumsi asupan yang mengandung hyaluronic acid, tembaga, vitamin C, dan seng yang akan bekerja sama menjaga produksi kolagen tetap optimal.   

Lalu, apa saja fungsi kolagen?

1.      Mencegah keriput

Kekurangan kolagen ditandai dengan munculnya kerutan dan garis halus. Walaupun memasuki usia lanjut, menjaga kulit wajah tetap sehat alami bukan lagi mimpi jika kebutuhan kolagen terpenuhi. Maka dari itu, kamu perlu meningkatkan asupan yang baik. Mulailah mengonsumsi makanan atau suplemen yang mendukung produksi kolagen, sehingga kulit menjadi lebih elastis.

2.      Mengencangkan kulit

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh cenderung berkurang. Terutama jika kamu sering terpapar polusi dan sinar matahari. Hal tersebut berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi nutrisi pendukung kolagen yang cukup, maka kulitmu akan terbantu terjaga lebih kencang dan bisa terlihat lebih muda.

3.      Melembapkan kulit

Kulit yang terasa lembap juga membuat wajah terlihat lebih muda dan segar. Sebab salah satu fungsi jaringan kolagen adalah menjaga kelembapan kulit. Kulit yang terasa kering bisa menimbulkan iritasi dan rasa tidak nyaman. Jadi, kamu perlu mengonsumsi produk yang mengandung kolagen booster untuk membantu melembapkan kulit.

4.      Meratakan warna kulit

Apakah kamu memiliki warna kulit yang tidak merata? Hal ini biasanya terjadi di bagian wajah, leher, dan lengan. Jika terdapat beberapa bagian kulit yang kusam atau gelap, kamu bisa mulai merawatnya. Nutrisi kolagen dapat membantu menyeimbangkan warna kulit dari dalam, sehingga warna atau tone kulitmu akan lebih rata sesuai dengan sekitarnya.

5.      Mengatasi bekas luka

Mungkin kamu memiliki bekas luka yang sulit hilang. Hal tersebut bisa saja mengganggu penampilan dan kenyamanan. Kamu bisa memanfaatkan nutrisi pendukung kolagen untuk mengatasi bekas luka. Sehingga kamu bisa tampil lebih percaya diri dan bebas iritasi.