FEATURED ARTICLE
10 Makanan yang Mendukung Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku
RAHSA.ID
RAHSA.ID
Sep 01, 2021

Kulit yang cerah, rambut berkilau, dan kuku yang kuat bisa kita dapatkan dari perawatan yang murah-meriah. Semua hal itu bisa kita dapatkan dengan memperhatikan pola makan yang sehat. Makanan yang mengandung banyak nutrisi dapat menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, rambut, serta kuku kita.

Kesehatan kulit, rambut, dan kuku juga merupakan cerminan dari kesehatan tubuhmu. Selain merawat dengan berbagai produk kecantikan, kita juga perlu mengonsumsi makanan yang mendukung kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak makanan apa saja yang mendukung kesehatan kulit, rambut, dan kuku di bawah ini.

 

1.      Telur

Sumber: Pexels

Telur bermanfaat untuk menjaga kesehatan kuku dan rambut. Makanan ini dikemas oleh protein, vitamin A, vitamin E, dan zat besi yang dapat menjaga kuku kuat dan sehat. Selain itu, telur juga kaya akan seng dan selenium yang bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala. Sehingga mencegah rambut rontok dan kulit kepala kering.

 

2.      Tomat

Sumber: Pexels

Tomat mengandung karotenoid, vitamin C, dan beta karoten yang bisa melindungi kulit dari sengatan matahari. Selain itu, tomat kaya akan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit kita.

 

3.      Salmon

Sumber: Pexels

Mengonsumsi salmon adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Salah satu superfood ini mengandung banyak protein dan asam lemak omega-3. Kandungan tersebut membantu mendukung kesehatan kulit kepala, mencegah kerontokan, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

 

4.      Sarden

Sumber: Pexels

Sarden mengandung lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Sehingga bisa mencegah kulit kering dan kusam. Lemak tak jenuh tersebut telah terbukti dapat membantu kulit menjaga fleksibilitas.

 

5.      Wortel

Sumber: Pexels

Wortel mengandung beta karoten, vitamin A, dan antioksidan. Sayuran berwarna oranye ini memiliki sifat anti penuaan yang luar biasa. Bahkan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat, lho.

 

6.      Brokoli

Sumber: Pexels

Brokoli kaya akan zat besi yang penting untuk kesehatan rambut. Kekurangan zat besi menjadi penyebab utama rambut rontok. Kekurangan zat besi juga bisa meningkatkan risiko anemia yang mempengaruhi suplai darah dan nutrisi ke folikel. Hal itu akan berpengaruh pada siklus pertumbuhan rambut.

 

7.      Yoghurt

Sumber: Pexels

Yoghurt mengandung kalsium, protein, seng, dan magnesium. Beberapa kandungan tersebut penting untuk kesehatan kuku. Sedangkan kandungan seng pada yoghurt dibutuhkan untuk pertumbuhan sel rambut supaya mencegah rambut rapuh,

 

8.      Nasi merah

Sumber: Pexels

Nasi merah gak hanya bermanfaat untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Nasi merah merupakan makanan gandum utuh yang kaya akan biotin. Biotin merupakan vitamin B yang berfungsi untuk mencegah rambut dan kuku menjadi rapuh.

 

9.      Kiwi

Sumber: Pexels

Kiwi kaya vitamin C yang berperan dalam produksi kolagen. Sehingga buah hijau ini menjadi solusi terbaik untuk mencegah penuaan. Selain itu, sifat antioksidan dapat membuat kulit menjadi halus.

 

10.  Susu rendah lemak

Sumber: Pexels

Susu rendah lemak seperti susu skim merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang sangat baik. Keduanya dapat membantu memperkuat kuku dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu juga bisa mengonsumsi keju rendah lemak yang dapat memberikan tambahan kalsium yang baik. 

 

Dari kesepuluh rekomendasi di atas, mana yang jadi favoritmu?

 

Foto cover: Pexels