FEATURED ARTICLE
Staycation: Alternatif Liburan Aman Ketika Pandemi
RAHSA.ID
RAHSA.ID
Jan 31, 2021

Selama pandemi, angan-angan untuk pergi liburan jadi sangat sulit diwujudkan. Awalnya karena PSBB mengharuskan kita semua berdiam diri rumah. Tapi setelah PSBB melonggar pun, kita pun masih harus waspada ketika main ke tempat umum.

Sebagai alternatif liburan ke luar kota atau negara, banyak yang akhirnya memilih untuk menghabiskan liburan dengan cara staycation.

Apa Itu Staycation?

Menurut Cambridge Dictionary, staycation adalah liburan yang dilakukan di rumah atau dekat rumah daripada bepergian ke tempat lain. (A holiday that you take at home or near your home rather than travelling to another place.)

Staycation berarti liburan di mana kita menginap di hotel atau villa di kota tempat kita tinggal. Liburan ke rumah orangtua atau saudara juga masih bisa disebut staycation. Tapi kalau ke luar kota atau pulau atau bahkan negara, itu namanya vacation biasa.

Amankah Staycation Di Saat Pandemi?

Cara paling baik untuk mengurangi penyebaran virus Corona adalah dengan membatasi mobilitas. Jadi daripada berlibur ke tempat jauh, kita baiknya memilih untuk berlibur di daerah yang dekat dengan tempat tinggal.

Kebanyakan hotel sudah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Jumlah pendatang dibatasi, pemesanan hanya bisa via online, mendisinfeksi kamar hotel, dan lain-lain. Semua itu dilakukan demi keselamatan bersama.

Kalau ingin lebih aman lagi, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika staycation.

  1. Hindari hari libur agar tempat yang kamu datangi tidak terlalu ramai.
  2. Mintalah agar makanan diantar ke kamar agar tidak harus ke prasmanan.
  3. Bawa alat makan sendiri kalau kamu masih khawatir dengan alat makan hotel.
  4. Mintalah kamar yang sudah tidak ditempati selama beberapa hari.
  5. Hindari fasilitas umum seperti kolam renang, gym, tempat sauna, dan restoran.
  6. Sebisa mungkin hindari masuk ke lift yang sudah diisi oleh banyak orang.

Staycation Lebih Hemat Biaya

Selama pandemi, banyak sekali pekerja yang penghasilannya menurun drastis atau bahkan hilang total. Kalau kamu salah satu yang terdampak, maka staycation mungkin adalah pilihan tepat karena biayanya tidak terlalu besar.

Kamu tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli tiket kereta atau pesawat kalau memilih staycation. Biaya untuk bensin juga lebih hemat karena kamu tidak menyetir ke tempat yang jauh seperti ke luar kota atau luar pulau.

Persiapan Sebelum Staycation

Sebelum berangkat staycation, ada baiknya kamu mempersiapkan dulu bekal yang bisa menjaga kesehatan kamu dan keluarga.

Holiday Kit Rahsa Nusantara cocok banget untuk kamu coba. Setiap paket berisi 3 - 4 botol travel size 30 mL produk Jagad Series dan/atau Sadajiwa.

Yuk, pesan dan persiapkan sekarang supaya staycation kamu lebih aman dan seru!