FEATURED ARTICLE
Jalan Kaki: Rahasia Panjang Umur Ala Orang Jepang
RAHSA.ID
RAHSA.ID
Jan 31, 2021

Masih banyak yang beranggapan bahwa untuk memulai kebiasaan hidup sehat kita harus rutin ke gym, lari pagi, bersepeda, atau olahraga lain yang berat-berat. Padahal, hidup sehat bisa dimulai dari kegiatan kecil seperti jalan kaki.

Jepang adalah negara yang penduduknya terkenal sehat. Tingkat obesitasnya sangat rendah, hanya 4,3 persen dari total populasi. Jauh berbeda dengan Amerika Serikat yang angkanya mencapai 36,2 persen. Tingkat harapan hidup (life expectancy) warga Jepang pun sangat tinggi, mencapai 85 tahun.

Apa rahasia hidup sehat orang Jepang? Salah satunya adalah jalan kaki.

Laki-laki berumur 20 - 50 di Jepang rata-rata jalan kaki hampir 8.000 langkah setiap hari. Perempuan sekitar 7.000 langkah. Kalau kamu pernah ke Jepang, kamu pasti menyadari bagaimana jalan kaki, terutama antar transportasi publik, memang sudah menjadi gaya hidup di sana.

Jalan kaki bisa jadi solusi tepat untuk kamu yang ingin memulai kebiasaan hidup sehat tapi bingung harus memulai dari mana. Jadi apa saja manfaat jalan kaki untuk tubuh?

Membakar Kalori

Jalan kaki bisa menurunkan berat badan karena tubuh yang biasanya diam mulai dipakai untuk bergerak. Dengan begitu, resiko obesitas tentu juga akan turun drastis. Siapa yang mengira jalan kaki ternyata bisa membantu program diet?

Meningkatkan Energi

Jalan kaki bisa meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Artinya, tubuh mendapatkan asupan energi lebih tambahan. Kalau kamu sedang merasa lesu, cobalah jalan kaki sejenak. Kamu pasti akan merasa lebih semangat setelahnya.

Mengurangi Stres

Kalau kamu termasuk orang yang mudah stres, ada baiknya memulai kebiasaan jalan kaki setiap hari. Karena jalan kaki ternyata bisa mengurangi kadar kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Tidak perlu lama-lama, 10 menit pun sudah cukup untuk merasakan efeknya.

Memperkuat Jantung

Jalan kaki selama setidaknya 30 menit setiap hari bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner hingga 19 persen. Memang penyakit jantung identik dengan orang berumur, tapi apa salahnya mencegah sejak dini, kan?

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Rutin jalan kaki mampu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Batuk, pilek, dan penyakit ringan lain jadi lebih mudah teratasi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin jalan kaki ternyata lebih jarang sakit dibanding orang yang olahraga hanya seminggu sekali.

Sumber:

https://obesity.procon.org/global-obesity-levels/

https://www.worldometers.info/demographics/life-expectancy/

https://www.nippon.com/en/japan-data/h00372/keeping-a-step-ahead-men-in-osaka-and-women-in-kanagawa-score-top-for-walking.html

https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/5-surprising-benefits-of-walking#:~:text=It%20boosts%20immune%20function.,once%20a%20week%20or%20less.