FEATURED ARTICLE
7 Cara Agar Kamu Lebih Mindful Saat Shopping
RAHSA.ID
RAHSA.ID
Jan 21, 2021

Belanja atau shopping kadang menjadi respon pertama ketika kita punya uang lebih. Apalagi kalau setiap hari kita terus-terusan dibombardir oleh iklan. Sulit sekali rasanya menolak hasrat untuk membeli baju atau sepatu baru.

Tidak ada yang salah dengan shopping. Tapi yang bahaya adalah ketika kebiasaan belanja kita sudah tidak sehat lagi. Awalnya hanya ingin belanja satu barang, berujung membeli beberapa barang lain yang tidak sebenarnya kita butuhkan dan akhirnya menyesal.

Agar itu tidak terjadi, kamu bisa menerapkan konsep mindful shopping.

Mindful artinya sadar. Menerapkan mindfulness dalam hidup berarti menjalani hari dengan penuh kesadaran. Mudahnya, lebih “aware” dalam melakukan kegiatan apa pun. Intinya, kamu memikirkan dengan baik setiap keputusan, termasuk ketika berbelanja.

Berikut beberapa cara agar kamu lebih mindful saat shopping.

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Cara pertama agar kamu lebih mindful saat shopping adalah dengan membedakan kebutuhan dan keinginan. Sebelum belanja, pikirkan dulu apa saja yang urgent dan yang tidak. Rencanakan kebutuhan kamu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Kamu akan lebih berkesadaran ketika shopping.

Ingat Lagi Tujuan Utama

Boleh juga sebenarnya shopping barang-barang yang kamu “inginkan”. Tapi kadang terjadi juga kondisi di mana awalnya hanya ingin belanja 1 barang tapi ujungnya belanja 10. Ingat tujuan utama shopping agar itu tidak terjadi.

Lihat Dulu Barang yang Kamu Punya

Sebelum mengaku “butuh”, ada baiknya kamu melihat dulu barang-barang yang sekarang kamu punya. Siapa tahu ada beberapa barang yang sebenarnya masih bagus untuk digunakan. Kalau masih bisa dipakai, tidak perlu shopping kan berarti?

Shopping Dengan Kepala Dingin

Belanja dalam kondisi marah, stres, atau bahkan bahagia kadang bisa menyebabkan pembelian impulsif (impulsive buying). Tunggu sampai kamu merasa tenang dulu sebelum memutuskan untuk belanja. Dalam kondisi “kalem”, kamu akan lebih mindful saat belanja.

Menunggu…

Menunggu beberapa waktu sebelum shopping adalah cara yang baik untuk memikirkan kembali alasan berbelanja. Kamu pun jadi punya waktu untuk mencari tahu barang mana yang paling tepat.

Hati-Hati Dengan Godaan

Baik dalam bentuk diskon, buy one get one, free ongkir, dan lain-lain. Promo seperti itu ada untuk membuat kamu, calon pembeli, lebih semangat belanja. Menutup diri, atau setidaknya hati-hati dengan godaan adalah ciri orang yang mindful.

Shopping Itu Nggak Dosa Kok

Mindful dalam berbelanja bukan berarti harus hemat gila-gilaan ya. Mindful hanya berarti kamu lebih memikirkan, lebih aware, dan lebih berkesadaran lagi setiap shopping. Kalau semuanya sudah kamu lakukan, harusnya sih tidak perlu lagi merasa bersalah atau menyesal.