FEATURED ARTICLE
5 Rempah & Bahan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
RAHSA.ID
RAHSA.ID
Jan 21, 2021

Indonesia terkenal sebagai negara rempah. Bahkan sampai dijuluki “Mother of Spices” karena begitu beragamnya jenis rempah yang kita punya. Kalau melihat sejarah pun, memang banyak negara barat yang berkunjung dan berebut rempah ke Indonesia.

Rempah biasanya digunakan untuk menyedapkan makanan. Tapi selain itu, kandungan dalam rempah ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Berikut macam-macam bahan dan rempah yang mungkin sudah sering kamu dengar, beserta manfaatnya.

Serai

Serai, biasa juga disebut sereh, biasanya digunakan untuk bumbu dapur, terutama untuk mengharumkan makanan. Itulah kenapa kita sering menemukan serai dalam masakan dengan bahan amis seperti ikan atau sapi.

Serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Air rebusan serai juga dapat membantu melawan jamur pada infeksi mulut dan gigi berlubang. Selain itu, serai dapat mencegah penyakit peradangan seperti flu atau sakit tenggorokan.

Telang

Bunga telang merupakan tumbuhan bunga yang warna biru keunguannya sangat mencolok. Tidak hanya luarnya saja yang cantik, tapi dalamnya juga, karena bunga telang mengandung khasiat yang baik bagi kesehatan.

Bunga telang dapat meningkatkan memori dan kecerdasan anak. Kandungan antioksidannya pun tinggi, jadi dapat mencegah penumpukan radikal bebas pada tubuh. Bunga telang juga bisa mengatasi masalah asma.

Asam Jawa

Asam jawa adalah buah yang biasa digunakan untuk menambah rasa asam pada makanan (sesuai namanya ya). Misalnya pada sayur asam atau permen. Asam jawa sangat mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun modern.

Asam jawa cocok untuk menurunkan berat badan karena kandungannya dapat menghambat penyimpanan lemak dalam tubuh. Dan dalam asam jawa ada kandungan polyphenols yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Asam jawa juga bisa mengurangi risiko diabetes.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang biasa digunakan dalam makanan seperti gulai, opor, soto, dan nasi kuning. Kunyit juga sering dimanfaatkan sebagai pewarna dan pengawet.

Mengonsumsi kunyit dapat membantu memulihkan inflamasi dari polusi, stres, menstruasi, post-partum, dan mag. Kandungan kurkumin dalam kunyit baik untuk penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar glukosa pada darah.

Kemangi

Kalau kamu biasa makan lalapan, maka kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan daun kemangi. Ciri khas daun kemangi adalah aroma wangi yang cukup menyengat ketika daunnya dipatahkan.

Daun kemangi memiliki kandungan antidepresan yang bisa membuat tubuh dan pikiran merasa rileks. Kandungan antioksidannya yang tinggi bisa menghambat dampak buruk radikal bebas yaitu penuaan dini. Daun kemangi juga dapat memperkuat sistem pencernaan.