FEATURED ARTICLE
5 Cara Alami Menyeimbangkan Hormon untuk Perempuan
RAHSA.ID
RAHSA.ID
Sep 01, 2021

Suasana hati, pertumbuhan, hingga metabolisme, semua dapat dipengaruhi oleh hormon. Meski sering dikaitkan dengan pubertas, reproduksi, dan menopause, hormon sebetulnya memengaruhi berbagai fungsi tubuh. 

 

Namun, terkadang kadar hormon dapat berubah menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormon menimbulkan tanda dan gejala masalah kesehatan, seperti kecemasan, kelelahan, insomnia, hingga gangguan kesehatan lainnya. Untuk menyeimbangkan hormon bagi perempuan, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan.

 

Yuk, cek 5 cara alami menyeimbangkan hormon untuk perempuan di bawah ini.

 

1.       Kelola tingkat stres

Sumber: Pexels

Stres dapat merusak hormon kortisol dan adrenalin. Kortisol dapat membantu tubuh mengatasi stres dalam jangka panjang. Sedangkan adrenalin adalah hormon yang memberi energi untuk merespon bahaya dalam tubuh. Namun, jika kedua hormon stres tersebut tinggi, maka bisa menyebabkan kecemasan, tekanan darah tinggi, hingga obesitas. Supaya tidak terjadi, lakukan kegiatan yang dapat mengurangi stres seperti meditasi, yoga, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

 

2.       Olahraga secara teratur

Sumber: Pexels

Olahraga secara teratur dapat berdampak positif pada kesehatan hormonal. Selain itu, olahraga juga meningkatkan hormon pertumbuhan yang membuat tubuh tetap energik dan bugar. Aktif bergerak juga dapat membantu meningkatkan kadar hormon pemeliharaan otot yang menurun seiring bertambahnya usia. Kalau tidak bisa melakukan olahraga berat, cukup lakukan jalan kaki secara teratur untuk meningkatkan kekuatan dan kualitas hidup.

 

3.       Tidur berkualitas secara konsisten

Sumber: Pexels

Meskipun kita sudah melakukan diet sehat dan olahraga, kesehatan tubuh akan terganggu jika kurang tidur. Tidak memiliki tidur yang berkualitas dikaitkan dengan hormon yang tidak seimbang. Untuk menjaga keseimbangan hormon yang optimal, usahakan setidaknya tidur selama tujuh jam setiap malam.

 

4.       Kurangi gula dan makanan kurang sehat

Sumber: Pexels

Makanan atau minuman yang mengandung gula membuat insulin meningkat. Sehingga hormon menjadi tidak seimbang, terutama pada perempuan yang mengalami kelebihan berat badan. Makanan manis cenderung membuat kita ketagihan karena tidak memicu sinyal kenyang. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman manis untuk meningkatkan keseimbangan hormon.

 

5.       Mengonsumsi suplemen kesehatan

Mengonsumsi suplemen kesehatan dapat mendukung keseimbangan hormon. Pilihlah suplemen kesehatan yang alami dan nyaman dikonsumsi, seperti Laras Dara by Rahsa Nusantara. Laras Dara adalah suplemen mujarab sekali minum untuk keseimbangan hormon dan siklus tubuh yang lebih selaras. Dikemas dalam botol 30 ml yang mengandung #KebaikanAlam. Tersedia pilihan paket 7-Days Package selama satu minggu, atau 14-Days Package untuk program selama dua minggu.

 

Mana tips yang bakal kamu coba dalam waktu dekat?