FEATURED ARTICLE
4 Jenis Bumbu Dasar Khas Indonesia, Pemula Wajib Tahu
RAHSA.ID
RAHSA.ID
Sep 07, 2021

Semenjak pandemi, banyak di antara kita yang lebih senang memasak di rumah. Karena banyak yang belajar dan bekerja dari rumah, semakin banyak orang yang tertarik untuk meracik makanan sendiri.

 

Tapi, kadang kita terkendala dengan waktu dan cenderung ingin mengolah masakan yang praktis. Pada akhirnya kita memilih memakai bumbu instan untuk memasak. Padahal kita bisa lho menggunakan bumbu dasar khas Indonesia yang segar. Selain sehat, bumbu dasar juga dapat bertahan cukup lama. 

 

Yuk, kenali empat jenis bumbu dasar khas Indonesia berikut ini.

 

1. Bumbu dasar kuning

4 Jenis Bumbu Dasar Khas Indonesia, Pemula Wajib Tahu

Bumbu dasar kuning memiliki aroma kunyit yang khas, seperti halnya Rasana Bumbu Kuning. Bumbu ini terbuat dari bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, jahe, garam laut, minyak kelapa, daun jeruk, dan chitosan (ekstrak kulit keras udang atau kepiting).  

 

Rasana Bumbu Kuning menghasilkan masakan yang berwarna kuning cerah dan gurih. Biasanya digunakan untuk membuat kari, nasi kuning, soto, gulai, bumbu ayam goreng, hingga aneka pepes.

 

2. Bumbu dasar merah

4 Jenis Bumbu Dasar Khas Indonesia, Pemula Wajib Tahu

Pencinta masakan pedas wajib memiliki Rasana Bumbu Merah. Bumbu ini terbuat dari bawang merah, bawang putih, garam laut, kaldu jamur, cabai keriting, tomat ceri, minyak kelapa, dan chitosan.

 

Rasana Bumbu Merah menghasilkan masakan berwarna merah segar dan rasanya pedas. Biasanya digunakan untuk membuat rendang, sambal goreng, gulai, balado, rujak, pepes, dan lainnya.  

 

3.      Bumbu dasar putih

4 Jenis Bumbu Dasar Khas Indonesia, Pemula Wajib Tahu

Bumbu dasar putih cocok buat kita yang gemar dengan masakan gurih. Gunakan Rasana Bumbu Putih untuk meningkatkan cita rasa masakan kita. Bumbu ini terbuat dari bawang merah, bawang putih, garam laut, kaldu jamur, kemiri, minyak kelapa, dan chitosan.

 

Biasanya, bumbu dasar putih digunakan untuk menumis, marinasi, semur, rawon, sup, hingga sayur lodeh. Kita bisa menambahkan garam untuk cita rasa asin dan pemanis alami sesuai selera.

 

4.      Bumbu dasar oranye

4 Jenis Bumbu Dasar Khas Indonesia, Pemula Wajib Tahu

Bumbu dasar oranye menggunakan bahan-bahan yang lebih beragam. Bumbu ini terbuat dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kapulaga, jintan, kemiri, ketumbar, garam, gula pasir, lada bubuk, dan minyak sayur.

 

Penggunaan kunyit dan cabai merah membuat bumbu ini berwarna oranye dan lebih cerah dibanding bumbu lainnya. Bumbu dasar oranye cocok digunakan untuk olahan pepes hingga aneka gulai.

 

Nah, setelah mengetahui empat bumbu dasar khas Indonesia, mana yang kira-kira bakal paling sering kamu gunakan untuk memasak?

 

Sumber foto: (1-3) Dok. Rahsa Nusantara, (4) Pexels