FEATURED ARTICLE
10 Makanan yang Harus Dihindari Supaya Produksi Kolagen Tetap Optimal
RAHSA.ID
RAHSA.ID
Mar 16, 2021

Banyak orang mendambakan kulit yang sehat dan tampak muda. Tetapi sebagian orang hanya merawat kulit dari luar saja. Padahal kita juga perlu merawat kulit dari dalam, lho. Termasuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi.
Kolagen berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembab dan elastis.

Namun tahukah kamu? Beberapa makanan dapat merusak kolagen kulit dan mempercepat penuaan. Makanan yang merusak kolagen dapat menyebabkan kerutan dan garis-garis halus. Jika tidak memperhatikan apa yang dikonsumsi, kulitmu akan terlihat lebih tua. Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari? Simak informasi berikut ini, yuk!


1. Daging Olahan

Daging olahan mengandung lemak dan natrium yang tinggi, sebab banyak yang menggunakan pengawet makanan. Sebaiknya kamu hindari makanan seperti sosis dan kornet yang bisa mempengaruhi kesehatan kulitmu. 

 2. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng bisa menyebabkan kerusakan kulit. Makanan jenis ini juga mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan pembengkakan kulit. Selain itu, makanan yang digoreng juga bisa membuat wajah berminyak dan berjerawat.

3. Makanan Pedas

Terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dapat membuat kulit wajah menjadi kemerahan. Selain itu, dapat menyebabkan bengkak, peradangan pada kulit, dan melebarnya pembuluh darah vena. Hal tersebut terjadi karena pembuluh darah di kulit menjadi lebih reaktif.

4. Donat

Makanan manis seperti donat juga perlu kamu hindari. Donat mengandung gula dan minyak yang dapat menyebabkan masalah kulit, sebab makanan yang mengandung gula dapat mengganggu produktivitas kolagen dan memicu penuaan.

5. Keripik Kentang

Keripik kentang mengandung sodium tinggi. Jika kelebihan garam, maka tubuhmu akan menarik lebih banyak cairan keluar dari tubuh. Hal ini menyebabkan kulit kering dan bisa menimbulkan keriput di wajah.

6. Kopi

Kopi berpotensi menyebabkan masalah kulit. Kafein dapat membuat kulit dehidrasi. Sehingga menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kulit kendur. Sebaiknya imbangi dengan minum air putih setelah mengonsumsi kopi.

7. Soda

Soda juga mengandung gula tinggi yang dapat merusak pembentukan kolagen. Selain itu, kandungan gula pada minuman ini dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit. Bahkan dapat mengganggu kualitas tidur yang dikaitkan dengan mata panda dan garis-garis halus.

8. Alkohol

Minuman beralkohol memiliki efek diuretik yang dapat merusak kolagen, mengurangi elastisitas kulit, dan menyedot kelembapan kulit. Selain itu, alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi yang bisa membuat kulit terlihat kendur.

9. Margarin

Margarin memiliki kandungan yang lebih buruk dibanding mentega. Margarin mengandung asam lemak trans yang bisa membuat kulit rentan terhadap radiasi ultraviolet. Sehingga bisa merusak kolagen dan elastisitas kulitmu.

10. Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana seperti nasi, roti tawar, dan popcorn dapat dengan cepat berubah menjadi glukosa. Glukosa bisa mengganggu produktivitas kolagen di dalam kulit. Jika kolagen rusak, maka menyebabkan kulit kehilangan elastisitas sekaligus menimbulkan kerutan.